PASANG JANGKAR SEPEDA ONTEL ONTA KUNO ANTIK


Waktu iseng gugling sepeda fongers ketemu dua berita di bawah ini:

Suara Merdeka

Hemat Energi dengan Sepeda Antik

Harganya Sama dengan Motor China

INSTRUKSI Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk melakukan penghematan energi, jauh hari sudah dilaksanakan sekelompok penggemar sepeda antik di Kota Brebes. Aktivitas kelompok yang tergabung Paguyuban Sepeda Antik Indonesia (Pasti) tak dipublikasikan, karena mereka tak mau dianggap sensasional. Setiap anggota menerapkan pola hemat energi, dalam konteks terbatas. Seperti ketika malam hari berkunjung ke rumah teman atau saudara, sepeda menjadi alat angkut yang ekonomis.

‘’Teman-teman anggota Pasti sudah membiasakan diri, ke mana pun pergi naik sepeda antik. Namun untuk ke kantor belum, takut dianggap sensasi,’’ ujar Asih Pamubudi SH, salah seorang penggemar sepeda antik.

Lelaki bertubuh atletis itu mengatakan, ketika menjabat camat Brebes -sebelum SBY mengumumkan instruksi hemat energi- dirinya sering ke kantor naik sepeda merek Gazelle. Dari rumahnya Jl Samosir sampai ke kantor sejauh tiga kilometer, ditempuh dengan mengayuh sepeda antiknya.

Asih dan anggota Pasti sangat mendukung program hemat energi yang dilakukan pemerintah. Sebab dengan naik sepeda, badan menjadi sehat. Selain itu tak perlu mengeluarkan uang untuk membeli bensin. Anggota paguyuban juga mempunyai agenda rutin setiap Minggu pagi, yakni bersepeda bersama ke Kota Tegal untuk berekreasi sekaligus olahraga.

Anggota Pasti semula hanya beberapa orang, tetapi kemudian bertambah dan kini menjadi 26 orang. Personelnya sebagian besar pejabat, mantan pejabat, guru, pensiunan PNS dan TNI.

‘’Kami ingin menjalin hubungan silaturahmi antarpenggemar sepeda antik. Prinsip banyak kawan banyak rezeki, kami terapkan di sini,’’ papar Edy Raharto, pejabat eselon III di Badan Pengawas Daerah (Bawasda).

Tentang sepeda antik, banyak cerita yang disampaikan anggota Pasti. Yang jelas, sekarang untuk mencari sepeda tua dalam keadaan serba-orisinil sangat sulit. Jika ada di pasaran pun harganya sangat mencekik leher. Berapa harga sepeda Gazelle seri 11? ‘’Saya tidak bisa cerita harga, karena ini kesenangan. Kalau senang dengan barangnya, harga bisa dari Rp 1 juta sampai puluhan juta,’’ kata Asih.

Tak Semua Orisinil

Cerita Edy lain lagi, dia punya Gazelle tetapi tidak semua orisinil. Sadel atau jok model masa kini. Suatu ketika dia mampir ke sebuah bengkel sepeda dan bertemu orang sedang memperbaiki sepedanya. Kebetulan sadelnya orisinil, sehingga langsung ditawar Rp 50.000. ‘’Eh dia ternyata mau saya bayar Rp 50.000, meski sebelumnya dia merasa keberatan,’’ paparnya. Sadel asli pada bagian atas tengah tertera merek Gazelle.

Merek sepeda tua yang dipakai anggota Pasti antara lain Batavus, Simplex, Humber, Raleigh, Fongres, Gazelle, dan BSA. Para pemakai sepeda antik rata-rata tidak mengetahui tahun berapa pembuatan sepeda itu. Mereka hanya mengira-kira tahun 1927 sampai 1945.

‘’Tetapi kemungkinan umurnya lebih tua, karena tahun pembuatan tidak tertera di bodi,’’ ujar mereka.

Perburuan sepeda antik belakangan juga banyak dilakukan para belantik (penjual jasa) sepeda. Ada di antara mereka sudah mengenal pemilik sepeda antik dari Brebes sampai Semarang. Menurut Yanto -seorang belantik sepeda- harga sepeda antik bisa mencapai Rp 6 juta-Rp 10 juta, tergantung pada kemulusan barang dan keorisinilannya. ‘’Ya harganya memang sama dengan motor produksi China,’’ ujarnya.

Untuk mengenali sepeda antik sebenarnya sangat mudah. Biasanya pada bagian tertentu, khususnya bodi tertera merek dan di bawah sadel tertera nomor seri. Merek Gazelle misalnya, dikenali memiliki ciri pada pelek. Yakni di bagian tengah berwarna hitam. Kemudian di spakboar terdapat kelinan untuk kabel lampu belakang. Di ujung depan terdapat lambang binatang Kijang, dan di gir genjotan ada lambang Kijang tiga buah. ‘’Pokoknya kalau kita mau beli harus hati-hati, jangan percaya begitu saja pada belantik,’’ paparnya.

Meski umur sepeda hampir rata-rata kepala lima (50 tahun), kondisi sepeda anggota Pasti masih cukup baik. Ketika dinaiki tak kalah dengan sepeda model masa kini. ‘’Nyaris tak ada suara apa pun ketika kita naiki, genjotannya juga enteng,’’ ungkap Asih.

Meski sudah merupakan barang tua, ada salah satu toko di Kota Tegal yang hingga kini masih menyediakan ban sepeda Gazelle, tetapi harga satu ban bisa mencapai Rp 700.000.

Berita lagi :

Suara Merdeka juga

Nostalgia dengan Naik Sepeda Tua

Rely Gondok Asli Rp 3 Juta

SEKITAR dekade 1960-an hingga 1970-an, penampilan seseorang bisa diukur dari sepeda yang mereka naiki. Jika mereka naik sepeda merek Rely Gondok dan bertopi garbus ala cowboy, langsung bisa ditebak bila dia berstatus sosial tinggi atau orang kaya.

Kala itu yang biasa memakai sepeda Rely Gondok, Northon, Gazele, Simplek, Fongres, atau Gimbar muncul dari kalangan orang berduit. Mereka biasanya juragan bawang merah, mandor tebu, sinder tebu, dan kalangan atas berpenghasilan besar.

Dengan bunyi sepeda yang khas, cek…cek…cek, memang lain dengan sepeda biasa. Kerangka sepeda juga memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan dengan sepeda model sekarang. Potongan lebih kukuh, baik sepeda laki-laki maupun wanita. Pada jok tepat duduk menggunakan bahan kulit tebal dan setang melengkung ke belakang. Mereka yang menggunakan sepeda itu untuk zaman sekarang barangkali sama dengan kendaraan roda empat sekelas Toyota Kijang atau Izusu Panther.

‘’Dahulu bila tak sekelas majikan atau juragan, tak bakalan naik sepeda mahal lantaran sepeda motor belum begitu banyak,’’ papar Mikrad (50), belantik sepeda asal Desa Pamengger, Jatibarang, Brebes.

Sekarang masihkan sepeda-sepeda tua itu? Nuridin yang biasa mangkal di pinggiran jalan Kota Jatibarang menuturkan, jenis sepeda itu menjadi barang langka. Mencarinya juga harus di pedagang sepeda bekas. Di Kota Brebes bisa dijumpai di Jalan AR Hakim dan Jalan Letjen Soeprapto, lokasi mangkal para belantik sepeda. Di sekitar Kota Bumiayu, di jalan menuju Kecamatan Bantarkawung khususnya pada hari pasaran wage. ‘’Di Kota Jatibarang, belantik sepeda kuno bertebaran di sepanjang jalan dan di belakang pasar,’’ ujar Udin, warga Jatibarang.

Harga Bervariasi

Warno, pedagang sepeda bekas di Jatibarang mengungkapkan, harga sepeda kuno bervariasi mulai dari Rp 500.000 sampai tertinggi Rp 1,5 juta. Tapi bila ada juga yang masih bagus dan semua onderdil orisinil bisa Rp 3 juta. Yang unik dari sepeda tua itu, pemilik umumnya membiarkan cat sepeda dalam bentuk orisinil. Perangkat lampu, bos (baterai), dan sadel (jok) tetap dibiarkan seperti kondisi awal.

‘’Meski warna cat diubah menjadi lebih mulus tak akan mendongkrak harga,’’ papar mereka.

Sukardi, salah seorang perangkat desa, bercerita tentang sepeda kunonya. Tiga puluh tahun silam, dia naik sepeda merek Gazele yang waktu itu menjadi incaran orang berduit. Karena saking gagahnya bersepeda mahal waktu itu, dia bisa memboncengkan gadis kembang desa.

Kendati kini menjadi barang langka, onderdil sepeda merek kuno masih bertebaran. Sayang, kualitas onderdil keluaran baru kurang baik. Selain kekuatan beda jauh, barang baru krumnya cepat kusam. Untuk mengetahui sepeda tua itu orisinil atau tidak, mereka melihatnya dari nomor seri, dan cap atau lebel pada bagian depan kerangka. Cap itu tak bisa dipalsu, makin kuno tahun pembuatannya makin jadi kejaran pemburu barang antik.

Salah seorang yang gemar mengoleksi sepeda tua adalah Teguh, warga Perumnas Kaligangsa Wetan, Brebes. Lelaki itu sebetulnya mampu membeli motor atau mobil, tapi sepeda tua setia menemani dalam keseharian. Dia menganggap bersepeda tua memiliki nilai tersendiri. Seakan ada kesejukan batin dan bisa mengenang sang kakek yang juga penggemar sepeda.

PAJANG SEPEDA: Para belantik sepeda di pinggir jalan ibu kota Kecamatan Jatibarang, Brebes sedang memajang sepeda tua. Peminat juga banyak berdatangan dari berbagai daera.

Aku pasang jangkar ini karena aku suka dan punya pit onta )

82 thoughts on “PASANG JANGKAR SEPEDA ONTEL ONTA KUNO ANTIK

  1. hallo
    saya pedagang speda ontel dari belanda
    semua onderdil atau speda ontel saya bisa kirim
    cuman sesuei dengan harga
    tetapi semua origineel sampai sekrup2 nya
    makasih

  2. numpang jualan gan, saya punya kolek beberapa sepeda onthel al merk: fongers – batavus – humber (lanang) – TEHA- Hartog’s – Hercules – Raleigh – PON – Hartog’s – Gazelle – kalau ada yg minat membeli…. hub saya di 081367729511 / 085717134444 atau bisa via email…. salam onthel

  3. Sepedanya bagus pak, sangat terawat. Jika anda juga kolektor sepeda onthel, dan ingin mengkoleksi sepeda onthel, hubungi saja saya, saya siap 24 jam.
    RAJA Sepeda Onthel, Jual sepeda onthel berbagai jenis dan bisa menerima order sepeda.
    Hubungi : http://jualsepedaonthel.wordpress.com, 0813 33 841183, 01 753 7894, 081 556 711744, 0341 5455330, 0341 487600(fax)

    • smpeyan btuh speda apa..?kmi siap mngantrnya ke tmpat anda…..atau bls pesan ne di facebook plurfrenk…..

      ra butuh :)

  4. Naik onthel itu bebas polusi, jarang berurusan dengan polisi, anti korupsi, dan disayang isteri karena jauh dari perempuan seksi…yo tho??? Hidup Onthel !

  5. Tolong donk dikirimin alamat bengkel sepeda onthel di jakarta karena saya sudah punya sepeda Gizelle dari dahulu ame babe disimpen di gudang begitu gw dikasih babe gw mo betulin tuh…. lumayan buat negeceng di pasar or sudirman

  6. kalau di negerinya minakjinggo sepeda kuno ribuan bung, liat aja kalo hari minggu pagi, komunitas ontel dengan berbagai atribut bersliweran, silahkan berburu kenegeriku, kebetulan yang baurekso di negeriku ratu ayu keencono lali sambil jajah deso milangkori ( srawet enjoi )

    beres pak … :)

  7. Mas,
    Saya mau numpang iklan, perusahaan kami bergerak di bidang pembuatan spare part dari bahan rubber, kira2 ada yang berminat ga kalau sepeda onthelnya partnya ataupun accecories di produksi di tempat saya..dan kami memberikan garansi untuk part yang kami buat,mengingat sepeda onhtel partnya sudah susah.

    boleh silahkan kirim company profilenya ke bahtiar@gmail.com

  8. mau tanya tahun pembuatan ontel hercules tahun berapa soalnya saya punya ontel merk hercules dan ingin tahu asal usulnya

  9. Minta tolong bagi teman – teman bagi yang berminat Untuk

    Menjualkan / Membeli Sepeda ontel Kami.

    Promo :
    Dijual Sepeda Ontel merk Hartog – Holland Rp.1.100.000,-
    Lampu Bosch Asli, Ada Transmisi / Verseneling, Rem Torpedo, Tromol Sturmey-Archer, Type 24

    Dijual sepeda Bigres – pit Jengki Rp. 1.000.000,-

  10. w lg 9ila sm sepeda tua’ni…
    alhamdulillah w udh punya sepeda onthel,,
    tp merek’nnya Hercules..

    semin99u se kali w jln”ke HI . . .

  11. beginikah komentar para anak-anak bangsa yang selalu asal ceplos.tanpa berpikir panjang.mau jadi jadi apa negeri ini,apabila generasinya asal bunyi,tanp kualitas………..

  12. assalamualaikum…maap teman2 da yg tau riwayat sepeda hero g?terus terang sy baru punya sepeda hero n pengin tau riwayat n sejarahnya,klo da yg tau mhn kbr2i ya,terima ksaih sebelumnya, wassalam

  13. salam buat pak sulaiman (mesak).., pak mo tanya ni ada gak jual handel posneling dan skalian roda dan talinya ..?…klo ada kasi kbar ya..?.. skalian harga nya oke …

  14. Aku baru pertama naik sepeda ontel, sekarang aku baru punya sepeda merk Raleigh jenis junky saya ingin gabung dengan komunitas sepeda ontel, kalo didaerah Bandung dimana yah?

    ada di [sini]

  15. Dear all,

    Ikuti GEBYAR FUN BIKE MENPORA 2008,Hari minggu Tgl. 25 mei 2008 di Gedung Graha Pemuda dan Olahraga JL. Gerbang Pemuda No. 3 Senayan Jakarta. Hadiah Utama Mobil dan hadiah menarik lainnya. Tiket Rp. 50.000,- (Dapat t-shirt, kaos,kupon snack dan kupon undian )

    Keterangan lebih lanjut PT.2R Connection GD. Graha Pena Jl. Raya kebayoran lama no. 12 Jakarta-Selatan

    Telp : 021-53699650

    UP: Roma atau Andri

    beres …. :)

    Jika berminat untuk mengisi stand, Berikut keterangan Stand Booth :

    – Minimum Rp. 5.000.000;

    – One (1) unit booth tent 2 m x 3 m :

    * Fascia board and cut-out lettering

    * One (1) unit table

    * Two (2) units folding chair

    * One (1) unit waste bin

    Demikian keterangan dari kami, atas partisipasi dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

    Best Regards,

    2 R Connection

    sama2 … :)

  16. Nama gw kafi dari Jakarta, kalo mau gabung sama klub Onthel kira kira dimana ya?

    Gw sangat mendukung sekali kalo transportasi di jakarta di ganti sepeda khususnya Onthel biar gak Polusi.

    klik aja link [ini]

  17. Salam Kenal …

    Saya kesengsem bnget sama sepeda onthel,kalo lagi keluar kota pas liat orang naek sepeda onthel rasanya pingin cpet2 punya…

    Sekarang gw udah punya jenis Reliegh atau apalah katanya eks petugas dan di stangnya juga tertera POLISI.

    Btw, kalo ada yang tahu usia onthel tersebut tolong dong kasih tau dan kisaran harganya berapa…?

    klik aja link [ini]

  18. mas saya mau tanya nich

    saya punya sepeda onthel warisan dari leluhur merk Simplex amterdam tapi untuk cewek, itu kira-kira jenisnya apa ya

    jenis ?
    jenis sepeda ontel gitu aja …

  19. sorry mas gabung nih…
    aku pumya sepeda onthel antik lagi lumayan berumur… merk Norton buatan India tahun 1971…. kira2 ada yang minat buat nawar ga yach?? kalo ada bisa hubungi saya nich.. via email juga boleh, oia aku tinggal di bumiayu….. trims

    ok deh, dengan senang hati .. :)

  20. cerioo…
    saya atik dari jogja.di jogja ada paguyuban penggemar sepeda onthel loh..namanya PODJOK.sebentar lagi mau ulang tahun yang ke 1. tepatnya besok pada tanggal 19 november 2007wah masih baru yaa..tapi semangatnya wuuuiih semangat 45..hidup sepeda onthel nusantara…

    sipp … :)

  21. Kami Dari Padang Sadel Club (PSC) juga kelompok pencinta sepeda tua. Beragam jenis sepeda dimiliki anggota. Jadi kalau pecinta sepeda antik ada kegiatan ke padang kabari kami ya… Kami ngumpul di sekitar kampus UNP air tawar. Salam tuk kawan-kawan pemilik dan pengoleksi sepeda ontkel (bahasa padang Kereta Unto)

    silahkan klik http://www.kereta-unto.com :)

  22. trima kasih banyak mas infonya…….
    semoga ditambahkan pahalanya soalnya udah nolongin orang yg lagi kebingungan…..
    hehehe…..
    mudah2an sepeda onthel gak punah di negeri kita ini…….amin……
    salam onthel……kik….!!!

    podo2 … mas :)

  23. Salam kenal……
    sebenernya saya penggemar vespa, tapi saya juga udah lama ngelirik yg namanya sepeda onthel. sayangnya belum kesampaian.
    saya mau tanya, kebetulan saya ditawarin sama teman saya sepeda Hero, kira2 itu bagus gak, soalnya saya baru denger nama itu?? kira2 pasaran hrgnya brp??

    200 ribu

    trus saya juga ditawarin sepeda Thumber El England (klo gak salah….), kira2 bagus gak?? nama ini saya jg baru denger nih n pasaran hrgnya jg brp??

    150 ribu

    tlg minta info ttg sepeda2 itu donk…….
    ato mgkn ada sepeda onthel yg mau dijual……??
    trima kasih banyak

    silahkan klik [sini] mas boker :)

  24. Hallo Bro,
    Saya ingin bergabung dalam komunitas sepeda ontel, sebelumnya saya penggemar motor Antik,..baru beberapa bulan ini mulai ngelirik sepeda Onta.
    Sekarang saya baru punya 1 sepeda Fongres, tapi part nya masih harus dilengkapi (dinamo boss, tutup rantai, stang, bel, bukan orisinalnya…)kemana ya bisa berburu part nya, saya tunggu info nya.
    Wassalam,

    silahkan klik http://www.sepeda.com

  25. saya aggota dari Kostum makassar ingin tau informasi tman2 diluar tentang sepeda

    ok, silahkan ikuti terus web ini … sajian foto2 sepeda akan terus berlanjut .. :)

  26. Saya jadi kepingin gabung nih ama para kolektor sepeda tua untuk sharing bareng, kebetulan saya juga punya beberapa pittuwo di jogja, n favorit saya Simplex jenis Scuilt jenis yang pernah digunakan Sri Sultan HB IX n Pangsar Jend. Soedirman…

    ayo gabung di sini http://www.sepeda-simpleks.com

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s