LANGSUNG DARI POHON


Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Seperti yang pernah ditulis Paman Tyo di link [ini], memetik buah di halaman sendiri adalah suatu kemewahan. Pembangunan perumahan dengan tanah-tanah pekarangan menyempit, bisa menanam pohon-pohon berbuah adalah suatu hal yang luar biasa. Walau sebenarnya buah-buah tersebut gampang dan murah didapat di supermarket, tapi memakan buah hasil petikan pohon di halaman rumah sendiri tetep “wah” rasanya, terlepas itu halaman rumah kos-kosan, rumah kontrakan, rumah istri, atau rumah mertua … :)

JAMBU KLUTUK

JAMBU KLUTUK



Tunas jambu batu (jambu klutuk), buahnya bisa dimakan (dibrakot / dikletak) oleh anak-anakku kelak, karena lima tahun lagi gigiku mungkin sudah tidak kuat (ra tedhas ngletak) menggigit jambu klutuk tersebut. Pucuk-pucuk daunnya bisa digunakan obat bila sakit perut (mules lan mencret). Ambil 10 helai daun, direbus 3 gelas air dicemplungi potongan jahe, trus airnya diminum, itu yang dilakukan mertua pada saya, pulang dari Lampung mencret ga sembuh2 … dijamen langsung manjur jaya.

GANDUL KATES

GANDUL KATES

Pepaya emas atau pepaya kuning (kates / gandul), karena sejak kecil udah berwarna kuning mateng walau belum masak. Bibit pepaya ini didapat dari kakak ipar yang lagi dines di kalimantan (entah kalimantan mana, saya lupa). Karena berwarna kuning, tetangga-tetangga dan temen-temen yang pernah dolan ke rumah pada pengen (kemetcher) pesen diberi bijinya untuk ditanam di rumah masing-masing. Selain daunnya bisa buat lalapan sambel petjel, buah pepaya manjur buat mendinginkan panas dalem a.k.a sariawan …

KEMUMU

KEMUMU

Kalo di Jawa semacam pohon tales yang tumbuh di pinggir-pinggir kali. Kalo kita ngucurin air di atas … nah semacam peribahasa bagai air di daun talas … ya pohonnya seperti itu. Di tangan mertua saya, dahan kemumu ini jadi tambahan bahan gulai padangnya, jadi tidak melulu daging isinya, tambah potongan dahan kemumu jadi full isi gulainya .. :)

KLOPO IJO

KLOPO IJO

Beberapa minggu yang lalu, saya sms-sin temen-temen untuk minta unjuk di mana bisa beli cikal / tunas pohon kelapa hijau. Thanks buat temen-temen, ternyata gampang, tinggal datang ke penjual bunga, nanti dicarikan oleh dia, karena tidak selalu siap sedia alias indent. Kelapa hijau ini buat investasi juga, lumayan air dan buah kelapa hijau bagus buat obat sehat badan. Belarak’e / daunya bisa buat mainan anak-anak, macam dibikin anyam-anyaman atau apa nanti .. Tinimbang nandur palem, gede duwur ga ono uwohe … :(

LOMBOK RIWIT

LOMBOK RIWIT

Tikus jabodetabek kurang ajar tenan kok, sudah beberapa kali Ibu Mertua saya tanam cabe, tapi tunas dan daun-daunya diembat oleh tikus sialan. Akhirnya bikin dipot dan kalo malam taruh di atas. Kan lumayan asik, bikin gorengan cabenya tinggal metik di pot, kalo perlu potnya bawa ke meja makan … :) Biasalah kalo lagi masak, beberapa isi cabe ga ikut dimasak, daripada dibuang mending disebarin ke tanah.

PISANG TANDUK

PISANG TANDUK

Pisang tanduk, begitu kata Pak RT yang memberi tanaman ini. Waktu pertama ditanam setinggi lutut orang dewasa 1/2 tahun yang lalu, sekarang sudah tinggi menjulang mengalahkan pepaya di sampingnya. Daunnya sering diambil Ibu untuk bikin lapek (Padang) atau lemet (Jawa). Pak RT pinter nanemnya, pas nutupin sinar matahari kalo jam 2 siang ke arah depan rumah.

PUHUNG

PUHUNG

Puhung sebutan di Jawa atau singkong atau lagi ubi kayu bahasa endonesanya … Dahan steknya dapet dari tukang ojek langganan istri saya. Orang rumah tidak begitu berharap akan ubinya nanti besar dan melimpah, yang penting daunnya hijau segar bisa buat bahan tambahan gulai atau sayuran petjel …

RAMBUTAN

RAMBUTAN

Hasil cangkokan di tempat orang jual taneman, katanya udah pernah berbuah indukannya, semoga nanti musim rambutan ikut berbuah juga. Dan karena kloning lewat cangkokan semoga akarnya kalem tidak seganas akar pohon rambutannya Mas Hedi

SAWO

SAWO

Nah, ini pohon dibeli udah ada tiga kuncup bunganya, semoga tambah banyak kuncup bunga calon buahnya … :)

Masih ada tanah kosong lagi, enak’e ditanduri opo yoooo ?

27 thoughts on “LANGSUNG DARI POHON

  1. pak haryo, siki sawah2 sing subur makmur wis dadi omah kabeh, sing maune ditanduri pari/pertanian, saiki hasile bayi. piye ta pak?

    iyo, gawe anak tibak’e enak … :(

  2. salam..
    saat ini saya menjual CD cara bertani kubis yang benar, hanya dengan harga 60 ribu (sudah ongkos kirim).
    CD bukan berisi ebook PDF atau paparan data melainkan video interaktif/audio visual bagaimana prakteknyalangsung di lapangan.
    dan tersedia juga buku panduannya (berwarna dan bergambar) harga 60 ribu.
    jika berminat silahkan hub.saya di 081-911857815 atau email rozi679@gmail.com.
    terima kasih

    beres … :)

  3. Iya ngomongo sak kemenge. Iki kabeh mung kanggo para mitra tani sing jumlahe paling akeh ing negara iki, sing sasuwene iki mung dikuya-kuya dening panguasa. Jarene negara agraris kok babagan tetanen kurang kawigaten. Petanine padha urip mlarat. Kajaba iku, uga kanggo manfaatake lemah-lemah sing loh jinawi men katon ijo royo-royo lan asile kena kanggo nambah gizi.

    iyo … setuju … :)

  4. Aku kesengsem ndeleng gambar wit-witan sing kopasang. Nanging emana ngapa katrangan ana ngisore kok mung sethithik ? Yen bisa katrangan utawa artikel ing ngirore gambar iku digawe luwih dawa men kena kanggo bahan siaran pedesaan ing radioku sing durasine kurang luwih 30 menit saben dinane.

    digawe on air wae … mengko aku iso ngomong sak kemenge .. :)

  5. wahh pgn seng pepaya mas…tapi jarene nandur pepaya nang ngarep omah pamali yo….padahal makan pepaya tiap hari mutlak hukumnya. lek tinggal metik lak penak, hemat duit 10-15 ewu..hihi

    tonggo2 yo ngomong ngono … pamali … tapi yo ben …. kates enak … :)

  6. saya masih mencari tahu, apakah ada obatnya buat memberantas kutu, hama, kutu putih yang suka merusak daun, buah dan batang pada tanaman tolong di email kepada saya jika ada caranya atau obatnya ? apa namanya dan bagaimana caranya, terima kasih sebelumnya

    ok … :)

  7. waaaaaaaaa
    mupengggggg
    sarehne aku dudu pertanian, dadi urusan ngunu2 tak serahno neng bojoku *bangga*
    wingi nanem/mbibit anggrek nganggo gelas pop ice ;)
    tapi yen wit2an sing gede urung iso :(
    lemah omah kontrak’an ku gak ombo :(

    yo gawe basement .. :)

  8. lha kuwi kemumu-ne yen nang bangsari disebut “lumbu kobis”. enak banget kuwi dimasak sambel goreng opo di santen mas. ra bakalan remuk pas di rebus kok. cobanen di masak mas, mengko tak mampire. :P

    owalah, iki to seng diarani lumbu kobis … :) enak dab, karo bojoku dimangsak gule khas padang seng santene kenthel .. :)

  9. pengin… aku cuma bermacam-macam anggrek aja :(
    plus pohon kunyit (daunnya bisa buat bumbu rendang *gayane*), kencur sisa empon2 didapur yg sudah terlanjur keluar akarnya.

    wah, dipoto-poto dong anggreknya .. :)

  10. mas, jo lali ngingu pitik kampung, pan cukup dibiarkan dipekarangan dah hidup, dan bisa dikasih makan sisa sisa makanan kalo ndak habis..
    lumayan, lek gede iso di beleh, lek babon iso di tunggu ndognya, kalo ayam jago bisa buat aduan hahahaha

    aku yo ngiler gandul e… mak nyusss

    iya mas, rencana ngingu pitek, kelinci, manuk doro … ben rame … :)

  11. waaaaaaaaaaa…………..pengennnnnnnn……………..aku kemecer pepaya dan cabe nya. soale aku nanem cabe juga dipot tapi kok gak mundak2 duwure, 15 centiiiii ae gak nambah2 hiks, kurang vitamin kayaknya :D

    anu mas, tandur empon2 (jahe, temu kunci,laos/lengkuas, kunyit, kencur), aku sering beli bumbu empon2 tapi jarang habis jadi tak simpen dikulkas, ternyata bertunas, mungkin krn lembab kali ya..yhawes tak tanem di pot aja :D sekarang dah tinggi dan dah nambah banyak rimpangnya :D jadi skrg gak perlu beli bumbu empon2 lagi :D

    the next rencanaku pengen nandur : jeruk limau yang daunnya kadang dipake masak juga, jeruk nipis (kl lg batuk2 tinggal campur kecap), daun serai, apalagi yhaa….

    wah betul itu, nandur jeruk pecel … iso kanggo macem2 … :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s