meng-HUTAN-kan jakarta ?


Baru ini bisa terbang siang hari di atas Jakarta, biasanya pagi hari, sore, ataupun malam. Dan arahnya tidak melintasi langit Jakarta, dari Bandara langsung ke arah barat ke Medan Batam Pekanbaru Padang, bila ke utara langsung ke Xiamen itupun malem hari, jadi tidak bisa melihat lenskep Jakarta.

Kemaren dari Surabaya jam 11:35, ketika mendekati Jakarta terlihat Karawang – Cikarang dengan hamparan sawah-sawahnya, kemudian Bekasi dengan kawasan industri, masuk Jakarta disambut Bentangan Banjir Kanal Timur, Pelabuhan Tanjung Priuk .. pasti pesawat yang saya tumpangi sedang melintas di atas Laut Utara Jawa, kemudian terlihat Lapangan Hijau & Tugu Monas.

Lainnya itu atap rumah … atap rumah … atap rumah … atap rumah … atap rumah … atau bangunan tinggi perkantoran … :(

Dalam hati – hanya orang-orang "terpaksa" yang mau tetap tinggal di Jakarta. Terpaksa gak punya kerjaan di kampung halaman, terpaksa lahir dan besar di Jakarta, terpaksa ditugaskan di Jakarta, dan terpaksa lain sebagainya …

Pantas saja susah mengatur Jakarta, siapapun pemimpinnya. Lah jumlah penghuninya sak umbrug gitu … Masalah kesehatan, masalah kemacetan, masalah banjir, udara bersih, atau ruang bermain bagi anak-anak. Gubernur pernah bilang, pengembangan rumah dan industri di Jakarta banyak menyalahi aturan dari "Blue Print", tapi warga tidak pernah dikasih atau apa isi Blue Print tsb, sehingga tidak bisa ikut membantu mengawasi … mungkin isi Blue Print adalah rahasia negara.

Harus bagaimana mengembalikan ruang hijau di Jakarta ?
Mengajak LSM apa yang mau menghijaukan Jakarta ?
Menanam pohon di pinggir jalan ?
Menanam pohon di tiap rumah ?

coba perhatikan foto-foto di bawah ini, foto diambil google, karena ga bawa kamera saat melintasinya :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s