Indonesia Datalogger Kistock Kimo


Pertanyaan pertama :
Bagaimana bila kapasitas penyimpanan data pengukuran maksimal terlampaui, apakah instrument akan meng-overwrite data lama ataukah akan berhenti mengukur ?
Jawaban :
Data Logger akan berhenti memonitor atau berhenti mengukur bila kapasitas penyimpanan terpenuhi.
Bila kapasitas mencapai 80%, maka display “FULL” akan berkedip pelan.
Bila kapasitas mencapai 90%, maka display “FULL” akan berkedip cepat.
Bila kapasitas mencapai 100%, maka display “FULL” akan menyala kontinyu dan alat berhenti mengukur atau berhenti memonitor. Reff : datasheet http://www.kimo.fr/?rt=index/getFt&id=2386 , subjudul “6 types of dataset stop”

Pertanyaan kedua :
Apa yang dimaksud dengan IP 40 pada KH 220, IP 54 pada KTT 220 dan IP 65 pada KT220 ?
Jawaban :
Indeks Proteksi atau dikenal dengan singkatan IP digunakan untuk mengukur kualitas dari Kotak Instruments atau Box Enclosure. Indeks Proteksi terdiri dari 3 angka yang masing-masing memiliki arti tersendiri, misalnya IP540, IP400 dan sebagainya. Namun kenyataan di lapangan bahwa Indeks Proteksi yang umum digunakan hanya 2 angka saja misalnya IP65, IP54 dan sebagainya. Penggunaan nilai Indeks Proteksi pada Box Enclosure tergantung akan dimana Box tersebut digunakan karena semakin tinggi nilai IP maka semakin tahan aneka gangguan Box Enclosure tersebut. Tabel yang menjelaskan angka-angka tersebut dapat dilihat di link url berikut : https://en.wikipedia.org/wiki/IP_Code. Angka pertama berkaitan proteksi box terhadap benda padat dan debu, angka kedua berkaitan proteksi box terhadap cairan, air atau liquid dan angka ketiga berkaitan dengan proteksi box terhadap benturan. Dari tabel di link tersebut dapat dipahami bahwa arti :

  1. IP 40 pada unit KH 220 adalah box instruments KH220 tahan terhadap benda padat yang ukurannya lebih dari 1.0 mm, tidak tahan terhadap cairan apapun, dan tidak tahan benturan
  2. IP 54 pada unit KTT 220 adalah box instruments KTT220 tahan terhadap debu dan tahan terhadap air tanpa tekanan dari segala arah, dan tidak tahan benturan
  3. IP 65 pada unit KT 220 adalah box instruments KT220 tahan terhadap debu sekecil apapun tidak dapat masuk ke box , tahan dari semprotan air dari segala arah, dan tidak tahan benturan.

Pertanyaan ketiga :
Apakah baterei Data Logger Kistock Kimo bisa diganti dengan baterei biasa atau harus beli khusus dari Kimo France ?
Jawaban :
Bisa, battery dapat dibeli bebas di toko terdekat, asal spesifikasi sesuai yang diminta, misalnya AA lithium 3.6 V, jangan dipasang yang ukuran 1.5 V.

Pertanyaan ke-empat :
Apakah laporan atau report pengukuran Data-logger Kistock Kimo bisa dikonversi ke bentuk Microsoft Excel ?
Jawaban :
Bisa, hasil download pengukuran Data-Logger Kistock Kimo dapat ditampilkan dalam table Microsoft Excel.
Reff Manual : Exports the current data-set in a picture file, CSV, TXT or PDF ~ link : http://www.kimo.fr/assets/qrcode/kistock50/
Demikian FAQ dari kami, bila ada yang salah, mohon koreksinya, bila ada yang kurang jelas, dapat bertanya lagi dengan menulis komentar di bawah ini atau email ke : bahtiar@gmail.com, terimakasih atas perhatiannya.

Bahtiar
Indonesia Kimo Engineer

LOGO kimo

One thought on “Indonesia Datalogger Kistock Kimo

  1. Selamat pagi Pak Bahtiar,

    Saya saat ini sedang ada kebutuhan untuk YOKE, dengan type Y-6 YOKE 230V, 50/60HZ sebanyak 1 unit, Kalau saya lihat dari website bapak, mungkin bisa bantu untuk penawarannya.

    Thanks,
    Best Regards,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s